BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1.
Analisa Data
4.1.1 Analisa Data Tanah
Data tanah yang dipakai dalam
perencanaan tebal perkerasan jalan yang akan direncanakan berdasarkan nilai CBR
pada setiap ruas jalan pada tabel 3.1.
Tabel 4.2.
Data Lalu Lintas Dalam Satuan Mobil Penumpang
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Kendaraan
|
Koefisien
|
LHR
(
smp)
|
1
|
Mobil penumpang ( 1+1 )
|
1800
|
1
|
1800
|
2
|
Bus 8 ton (2 + 6 )
|
400
|
3
|
1200
|
3
|
Truck 2 as ( 4 + 6 )
|
250
|
2.5
|
625
|
4
|
Truck 3 as ( 6 + 7.7 )
|
150
|
3
|
450
|
Jumlah Kendaraan / hari /2jalur
|
2600
|
|
4075
|
4.1.1.
Menentukan Klasifikasi Jalan
4.1.1.1 Perhitungan Kemiringan
Jika titik pada potongan yang
ditinjau berada diantara kontur yang elevasinya sama maka tidak diperlukan
perhitungan lagi dan lokasi tersebut dianggap datar. Jika masing-masing ujung
titik potongan berada pada elevasi yang berbeda, maka perlu dilakukan
perhitungan dengan cara selisih ketinggiannya di bagi dengan jarak kedua titik
tersebut kemudian di kalikan 100%.
Perhitungan
kemiringan dengan cara yang sama dengan perhitungan diatas dilanjutkan seperti
yang tertera pada tabel 4.1
Tabel
4.11 Elevasi Titik Rencana Alternatif
POTONGAN
|
ELEVASI
|
JARAK
MELINTANG
|
BEDA TINGGI
|
KEMIRINGAN
|
||
Kiri (
m )
|
Tengah ( m )
|
Kanan ( m )
|
||||
a
|
B
|
C
|
d
|
│e│ =│( a - c )│
|
f = e/d x 100%
|
|
1-1'
|
120
|
80
|
30
|
150
|
90
|
60%
|
2-2'
|
120
|
62.5
|
30
|
150
|
90
|
60%
|
3-3'
|
120
|
55.7
|
30
|
150
|
90
|
60%
|
4-4'
|
120
|
51.9
|
30
|
150
|
90
|
60%
|
5-5'
|
120
|
49.8
|
30
|
150
|
90
|
60%
|
6-6'
|
100
|
49.9
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
7-7'
|
100
|
51.8
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
8-8'
|
100
|
53.5
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
9-9'
|
100
|
67.7
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
10-10'
|
100
|
69.6
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
11-11'
|
100
|
74.4
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
12-12'
|
100
|
73.6
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
13-13'
|
100
|
74.3
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
14-14'
|
100
|
75.9
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
15-15'
|
100
|
76.6
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
16-16'
|
100
|
77.4
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
17-17'
|
100
|
78,6
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
18-18'
|
100
|
78,7
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
19-19'
|
100
|
78,1
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
20-20'
|
100
|
78,1
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
21-21'
|
100
|
77.9
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
22-22'
|
100
|
76.3
|
30
|
150
|
70
|
46.66%
|
23-23'
|
100
|
76,9
|
40
|
150
|
60
|
40%
|
|
|
|
|
|
|
|
POTONGAN
|
ELEVASI
|
JARAK
MELINTANG
|
BEDA TINGGI
|
KEMIRINGAN
|
||
Kiri ( m )
|
Tengah ( m )
|
Kanan ( m )
|
||||
a
|
B
|
C
|
d
|
│e│ =│( a - c )│
|
f = e/d x 100%
|
|
24-24'
|
100
|
75.1
|
40
|
150
|
60
|
40%
|
25-25'
|
80
|
75.5
|
40
|
150
|
40
|
26.66%
|
26-26'
|
80
|
71.8
|
60
|
150
|
20
|
13.33%
|
27-27'
|
80
|
73.4
|
60
|
150
|
20
|
13.33%
|
28-28'
|
80
|
80.5
|
60
|
150
|
40
|
13.33%
|
29-29'
|
70
|
91.7
|
40
|
150
|
30
|
20%
|
30-30'
|
80
|
60.9
|
80
|
150
|
0
|
0,00%
|
31-31'
|
70
|
78.9
|
70
|
150
|
0
|
0,00%
|
32-32'
|
80
|
82.8
|
80
|
150
|
0
|
0,00%
|
33-33'
|
80
|
85.1
|
80
|
150
|
0
|
0,00%
|
34-34'
|
80
|
88.1
|
80
|
150
|
0
|
0,00%
|
35-35'
|
80
|
100
|
80
|
150
|
0
|
0,00%
|
36-36'
|
80
|
132
|
80
|
150
|
0
|
0,00%
|
37-37'
|
80
|
134
|
90
|
150
|
10
|
6.66%
|
38-38'
|
100
|
136
|
90
|
150
|
10
|
13.33%
|
39-39'
|
100
|
137
|
90
|
150
|
10
|
13.33%
|
40-40'
|
100
|
141.5
|
90
|
150
|
10
|
13.33%
|
41-41'
|
140
|
147.5
|
90
|
150
|
10
|
33.33%
|
42-42'
|
140
|
157,5
|
90
|
150
|
10
|
33.33%
|
43-43'
|
140
|
157.5
|
90
|
150
|
10
|
33.330%
|
44-44'
|
140
|
157.5
|
90
|
150
|
10
|
33.33%
|
45-45'
|
140
|
157.5
|
140
|
150
|
0
|
0.00%
|
46-46'
|
160
|
157.5
|
140
|
150
|
20
|
13.33%
|
47-47'
|
170
|
157.5
|
140
|
150
|
30
|
20%
|
48-48'
|
170
|
157.5
|
140
|
150
|
30
|
20%
|
49-49'
|
170
|
157.5
|
140
|
150
|
30
|
20%
|
50-50'
|
170
|
157.5
|
140
|
150
|
30
|
20%
|
51-51'
|
170
|
157.5
|
140
|
150
|
30
|
20%
|
52-52'
|
170
|
157.9
|
140
|
150
|
30
|
20%
|
53-53'
|
170
|
157.5
|
130
|
150
|
40
|
26,66%
|
54-54'
|
170
|
149.9
|
130
|
150
|
40
|
26,66%
|
55-55'
|
170
|
147.6
|
130
|
150
|
40
|
26,66%
|
56-56'
|
160
|
144.4
|
130
|
150
|
30
|
20%
|
57-57'
|
160
|
140.8
|
130
|
150
|
30
|
20%
|
58-58'
|
160
|
138.5
|
130
|
150
|
30
|
20%
|
59-59'
|
160
|
138.5
|
130
|
150
|
30
|
20%
|
60-60'
|
160
|
138.5
|
130
|
150
|
30
|
20%
|
61-61'
|
160
|
138.5
|
130
|
150
|
30
|
20%
|
62-62'
|
160
|
138.5
|
130
|
150
|
30
|
20%
|
63-63'
|
160
|
138.5
|
130
|
150
|
30
|
20%
|
64-64'
|
150
|
138.5
|
130
|
150
|
20
|
13.33%
|
65-65'
|
150
|
138.5
|
130
|
150
|
20
|
13.33%
|
66-66'
|
150
|
138.5
|
130
|
150
|
20
|
13.33%
|
67-67'
|
150
|
138.5
|
130
|
150
|
20
|
13.33%
|
POTONGAN
|
ELEVASI
|
JARAK
MELINTANG
|
BEDA TINGGI
|
KEMIRINGAN
|
||
Kiri ( m )
|
Tengah ( m )
|
Kanan ( m )
|
||||
a
|
B
|
C
|
d
|
│e│ =│( a - c )│
|
f = e/d x 100%
|
|
68-68'
|
130
|
138.5
|
130
|
150
|
0
|
13.33%
|
69-69'
|
140
|
138.5
|
130
|
150
|
10
|
6.66%
|
70-70'
|
140
|
138.5
|
130
|
150
|
10
|
6.66%
|
71-71'
|
140
|
138.5
|
130
|
150
|
10
|
6.66%
|
72-72'
|
130
|
138.5
|
130
|
150
|
10
|
0,00%
|
73-73'
|
140
|
138.7
|
130
|
150
|
10
|
6.66%
|
74-74'
|
140
|
138.9
|
130
|
150
|
10
|
6.66%
|
75-75'
|
140
|
138.9
|
130
|
150
|
10
|
6.66%
|
76-76'
|
130
|
138.9
|
130
|
150
|
0
|
0,00%
|
77-77'
|
130
|
138.9
|
130
|
150
|
0
|
0,00%
|
78-78'
|
130
|
138.9
|
120
|
150
|
10
|
6.66%
|
79-79'
|
110
|
115.5
|
110
|
150
|
0
|
0,00%
|
80-80'
|
60
|
115.6
|
110
|
150
|
50
|
40%
|
81-81'
|
120
|
115.8
|
110
|
150
|
10
|
6.66%
|
82-82'
|
120
|
91.2
|
60
|
150
|
60
|
40%
|
83-83'
|
130
|
120
|
60
|
150
|
30
|
46.66%
|
84-84'
|
140
|
130
|
60
|
150
|
80
|
53.33%
|
85-85'
|
140
|
134.6
|
60
|
150
|
80
|
53.33%
|
86-86'
|
140
|
134.6
|
60
|
150
|
80
|
53.33%
|
87-87'
|
140
|
134.6
|
90
|
150
|
50
|
33.33%
|
88-88'
|
140
|
134.6
|
90
|
150
|
50
|
33.33%
|
89-89'
|
140
|
134.6
|
100
|
150
|
40
|
26.66%
|
90-90'
|
140
|
134.6
|
100
|
150
|
40
|
26.66%
|
91-91'
|
150
|
134.6
|
100
|
150
|
50
|
33.33%
|
93-93'
|
150
|
134.6
|
100
|
150
|
50
|
33.33%
|
93-93'
|
150
|
134.6
|
100
|
150
|
50
|
33.33%
|
94-94'
|
150
|
134.6
|
100
|
150
|
50
|
33.33%
|
95-95'
|
150
|
134.6
|
100
|
150
|
50
|
33.33%
|
96-96'
|
150
|
134.6
|
80
|
150
|
70
|
46.66%
|
Tabel 4.12
Kalisifikasi Jalan Sesuai dengan Kemiringan
POTONGAN
|
JALAN
|
KEMIRINGAN
|
KLASIFIKASI
MEDAN
|
1 s/d
23
|
Jalan
Lurus
|
49.27
%
|
Pegunungan
|
23 s/d
26
|
Tikungan
PI
|
29.99
%
|
Pegunungan
|
26 s/d
51
|
Jalan
Lurus
|
10.51 %
|
Perbukitan
|
51 s/d
54
|
Tikungan
P2
|
23.33
%
|
Perbukitan
|
54 s/d
71
|
Jalan
Lurus
|
16.66
%
|
Perbukitan
|
71 s/d
74
|
Tikungan
P3
|
4.99 %
|
Perbukitan
|
74 s/d
96
|
Jalan
Lurus
|
28.14%
|
Pegunungan
|
Dari 96 titik
didominasi oleh medan bukit, maka menurut tabel II.6 TPGJAK, Hal
11 dipilih klasifikasi
fungsi jalan Kolektor dengan kecepatan antara 40 – 70
km/jam.
Diambil kecepatan 70 km /jam.
Menghitung jarak
Diketahui
masing-masing Koordinat :
A :
( +0.00 ; +0.00 )
P. I : ( -520; -440,55 )
P.2 : ( -520.45; +200,48 )
P.3 : ( -260,50 ; +700,37 )
B : ( +250; +1000 )
Perhitungan Jarak
Dari koordinat
yang diketahui maka dapat dicari masing – masing jaraknya yaitu :
Perhitungan Sudut
1.
Perhitungan Sudut Tangen Pada Tikungan B
( P I1 ),
Sudut (
Δ1)
Jadi sudut (Δ3)
2.
Perhitungan Sudut Tangen Pada Tikungan D
( P I2 ),
Sudut (
Δ2)
Jadi sudut (Δ2)
3.
Perhitungan Sudut Tangen Pada Tikungan E
( P I3 ),
Sudut (
Δ3)
Jadi sudut (Δ3)
Berdasarkan
perhitungan pada peta kontur yang di dapat pada peta di dapat jarak dan sudut
sebagai berikut :
d1 =
m Δ1
=
d2 = 240 m Δ2 =
d3 = 564 m Δ3 =
d4 =
270 m
4.2.
Perhitungan Alinemen Horizontal
4.2.1
Perhitungan Tikungan P(1)
1.
Klasifikasi Medan :
Pegunungan
2.
Type Jalan : Kelas III
A
3.
Lalu Lintas Harian Rata - rata ( LHR ) : > 3000
4.
Kecepatan Rencana :
70 km/jam
5.
Lebar daerah penguasaan Minimum :30 m
6.
Lebar Perkerasan :
2x3.50 m
7.
Lebar Bahu Jalan :
2,50m
8.
Lereng Melintang Perkerasan : 2 %
9.
Lereng Melintang bahu :
6 %
10.
Jenis Lapisan permukaan Jalan : Penetrasi Berganda
11.
Miring Tikungan Maksimum (e) : 10 %
12.
Jari - jari Lengkung Minimum : 50 m
13.
Landai maksimum :
8 %
Tabel
4.13.a Standard Perencanaan Geometrik
Jalan Kelas I
Tabel 4.14.a Koefisien gesekan melintang pada tikungan
V( km/jam )
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
110
|
120
|
Fmaks
|
0,166
|
0,160
|
0,153
|
0,147
|
0,140
|
0,128
|
0,115
|
0,103
|
0,090
|
Sumber :
Buku Konstruksi jalan Raya ( Ir.Hamirhan Saodang MSCE.)
Rumus :
Direncanakan geometric untuk Daerah Pegunungan Rc = 300m
> Rmin = 157 m. Dengan Vr = 70 km/jam berdasarkan
(TPGJAK
1997, Tabel II.18), Rmin untuk FC = 1100 m > Rc, sehingga tikungan
jenis Full
Circle tidak dapat digunakan.
Sesuai dengan syarat 40
< Δ < 900, maka untuk tikungan I (11°29’25”) direncanakan S-C-S.
1.
Perhitungan
panjang lengkung spiral (Ls)
Dalam
perhitungan tikungan ini dicoba dengan menggunakan jari-jari lingkaran dengan
ukuran 300 m
a.
Berdasarkan
waktu tempuh maksimum (3 detik), untuk melintasi lengkung peralihan, maka
panjang lengkung :
b.
Berdasarkan
perubahan gaya sentrifugal dan pengaruh kemiringan :
Nilai e pada perhitungan diatas
digunakan nilai superelevasi maksimum(emaks)
untuk V-90 km/jam maka, C = 0,7
c.
Berdasarkan
kelandaian relative maksimum
Dimana re =
Tingkat pencapaian perubahan kelandaian melintang
jalan,
untuk Vr ≤ 70 km/jam, re max = 0,035 m/m/det.
2.
Perhitungan
bagian spiral
3.
Perhitungan
lengkung circle ( Lc )
Syarat untuk
lengkung S-C-S LC > 20 m
LC = 37,94 >
20 m .................... OK!!!
maka Tikungan
S-C-S dapat di pake
4.
Perhitungan panjang tikungan total
L tot = LC + 2. Ls <
2 Ts
L tot = 37,94+2 x 11,11 m < 2 x 70,31 m
L tot = 60,16 m <
140,62 m
( memenuhi
syarat )
1.
Perhitungan pelebaran perkerasan pada
tikungan
a)
Untuk Perencanaan jalan kelas IIIa, digunakan kendaraan
rencana adalah kendaraan besar dengan ketentuan sebagai berikut :
·
Lebar
kendaraan rencana (b) : 2,6 m
·
Jarak
antar gandar (P) : 3,5 m
·
Tonjolan
depan kendaraan (A) : 1,2 m
b) Jumlah Lajur (n) : 2
c) Lebar Perkerasan pada bagian
lurus (Bn) : 2 × 3,50
d) jari-jari pada tengh lintasan (R) : 300 m
e) Kecepatan Rencana : 70
Km/jam
Ø
B
adalah lebar perkerasan yang ditempati satu kendaraan di tikungan pada lajur
sebelah dalam
Ø
Tambahan
lebar akibat kesukaran mengemudi di tikungan (Z)
Ø
Tambahan
lebar perkerasan di tikungan I (Δb)
Dimana Bn adalah lebar perkerasan
= 2 × 3,50 = 7,00 m
Untuk Bn = 7,00 à C = 0,78 m
Bt > Bn jadi perlu diadakan
pelebaran perkerasan
5. Perhitungan kebebasan samping pada
tikungan I
Perhitungan
jarak pandang henti
Dimana :
VR = kecepatan rencana (km/jam)
T = waktu tanggap, ditetapkan 2,5 detik
g = percepatan gravitasi, ditetapkan 9,8
m/det2
f =
koefisien gesek memanjang perkerasan jalan aspal, ditetapkan 0,35-
0,55.
Jh =
Jarak Pandang Henti (m)
Jadi :
Jh yang digunakan adalah Jh min yaitu
87,19 m
Perhitungan Jarak Pandang Menyiap
Dimana :
t1 = waktu reaksi yang besarnya tergantung pada kecepatan
yang sesuai dengan persamaan
t1 = 2.12+0.026V.
t2 = waktu dimana kendaraan yanng menyiap berada pada lajur
kanan yang dapat ditentukan
dengan mempergunakankorelasi
t2 = 6.56+0.048V.
m = perbedaan kecepatan antara
kendaraan yang menyiap dan
yang disiap = 15km/jam.
a = percepatan rata-rata yang besarnya tergantung pada
kecepatan rata-rata
kendaraan yang menyiap yang dapat ditentukan dengan mempergunakan korelasi a =
2.052+0.0036V.
Jd yang digunakan adalah Jd 463,39 m
Diketahui
:
V = 70 km /
jam
Jarak
Pandang Henti ( S ) = 87,19m
Jarak
Pandang Menyiap (M) = 463,39 m
L = 85,59 m
Untuk S < L, maka :
Untuk M > L, maka :
6. Menentukan tempat kedudukan titik –
titik ( stationing )
D1 =
682,00 m
Perhitungan
diagram superelevasi :
Perhitungan
diagram superelevasi :
Ketentuan :
Ls =
11,11 m
en =
8 %
emaks =
10 %
Perhitungan
titik stationing pada tikungan P.1
sta
pI1 = 0 + d1 = 0 + 682,00 m
sta
Ts1 = sta PI1 – Ts
= 0 + 682,000 m – 70,13 m
= 0 + 611,87 m
Sta
SC1 = sta Ts1 + Ls
= 0 + 611,87 m + 11,11
m
= 0 + 622,98 m
Sta
CS1 = Sta SC1 = 0 + 622,98 m
Sta
St1 = Sta CS1 + Ls
= 0 + 622,98 m + 11,11 m
= 0 + 634,09 m.
4.2.2
Perhitungan Tikungan P(2)
1.
Klasifikasi Medan :
Perbukitan
2.
Type kalan :
Kelas III ( jalan Penghubung )
3.
Lalu Lintas Harian Rata - rata ( LHR ) : > 3000
4.
Kecepatan Rencana :
80 km/jam
5.
Lebar daerah penguasaan Minimum :30 m
6.
Lebar Perkerasan :
2x3.50 m
7.
Lebar Bahu Jalan :
2,50m
8.
Lereng Melintang Perkerasan : 2 %
9.
Lereng Melintang bahu :
6 %
10.
Jenis Lapisan permukaan Jalan : Lapisan Macadam
11.
Miring Tikungan Maksimum (e) : 10 %
12.
Jari - jari Lengkung Minimum : 115 m
13.
Landai maksimum :
7 %
Tabel
4.13.a Standard Perencanaan Geometrik
Jalan Kelas I
Tabel 4.14.a Koefisien gesekan melintang pada tikungan
V( km/jam )
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
110
|
120
|
Fmaks
|
0,166
|
0,160
|
0,153
|
0,147
|
0,140
|
0,128
|
0,115
|
0,103
|
0,090
|
Sumber :
Buku Konstruksi jalan Raya ( Ir.Hamirhan Saodang MSCE.)
Rumus :
Direncanakan geometric untuk Daerah Pegunungan Rc = 300m
> Rmin = 157 m. Dengan Vr = 70 km/jam berdasarkan
(TPGJAK
1997, Tabel II.18), Rmin untuk FC = 1100 m > Rc, sehingga tikungan
jenis Full
Circle tidak dapat digunakan.
Sesuai dengan syarat 40
< Δ < 900, maka untuk tikungan I (11°29’25”) direncanakan S-C-S.
7.
Perhitungan
panjang lengkung spiral (Ls)
Dalam perhitungan
tikungan ini dicoba dengan menggunakan jari-jari lingkaran dengan ukuran 300 m
d.
Berdasarkan
waktu tempuh maksimum (3 detik), untuk melintasi lengkung peralihan, maka
panjang lengkung :
e.
Berdasarkan
perubahan gaya sentrifugal dan pengaruh kemiringan :
Nilai e pada perhitungan diatas
digunakan nilai superelevasi maksimum(emaks)
untuk V-90 km/jam maka, C = 0,7
f.
Berdasarkan
kelandaian relative maksimum
Dimana re =
Tingkat pencapaian perubahan kelandaian melintang
jalan,
untuk Vr ≥ 70 km/jam, re max = 0,025 m/m/det.
8.
Perhitungan
bagian spiral
9.
Perhitungan
lengkung circle ( Lc )
Syarat untuk
lengkung S-C-S LC > 20 m
LC = 90,40 >
20 m .................... OK!!!
maka Tikungan
S-C-S dapat di pake
10.
Perhitungan panjang tikungan total
L tot = LC + 2. Ls < 2 Ts
L tot = 90,94 +2 x 26,66m < 2 x 72,65 m
L tot = 144,26 m <
145,3 m
( memenuhi
syarat )
2.
Perhitungan pelebaran perkerasan pada
tikungan
f)
Untuk Perencanaan jalan kelas IIIa, digunakan kendaraan
rencana adalah kendaraan besar dengan ketentuan sebagai berikut :
·
Lebar
kendaraan rencana (b) : 2,6 m
·
Jarak
antar gandar (P) : 3,5 m
·
Tonjolan
depan kendaraan (A) : 1,2 m
g) Jumlah Lajur (n) : 2
h) Lebar Perkerasan pada bagian
lurus (Bn) : 2 × 3,50
i)
jari-jari
pada tengh lintasan (R) :
300 m
j)
Kecepatan
Rencana :
80 Km/jam
Ø
B
adalah lebar perkerasan yang ditempati satu kendaraan di tikungan pada lajur
sebelah dalam
Ø
Tambahan
lebar akibat kesukaran mengemudi di tikungan (Z)
Ø
Tambahan
lebar perkerasan di tikungan I (Δb)
Dimana Bn adalah lebar perkerasan
= 2 × 3,50 = 7,00 m
Untuk Bn = 7,00 à C = 0,78 m
Bt > Bn jadi perlu diadakan
pelebaran perkerasan
11.
Perhitungan
kebebasan samping pada tikungan I
Perhitungan
jarak pandang henti
Dimana :
VR = kecepatan rencana (km/jam)
T = waktu tanggap, ditetapkan 2,5 detik
g = percepatan gravitasi, ditetapkan 9,8
m/det2
f =
koefisien gesek memanjang perkerasan jalan aspal, ditetapkan 0,35-
0,55.
Jh =
Jarak Pandang Henti (m)
Jadi :
Jh yang digunakan adalah Jh min yaitu
106 m
Perhitungan Jarak Pandang Menyiap
Dimana :
t1 = waktu reaksi yang besarnya tergantung pada kecepatan
yang sesuai dengan persamaan
t1 = 2.12+0.026V.
t2 = waktu dimana kendaraan yanng menyiap berada pada lajur
kanan yang dapat ditentukan
dengan mempergunakankorelasi
t2 = 6.56+0.048V.
m = perbedaan kecepatan antara
kendaraan yang menyiap dan
yang disiap = 15km/jam.
a = percepatan rata-rata yang besarnya tergantung pada
kecepatan rata-rata
kendaraan yang menyiap yang dapat ditentukan dengan mempergunakan korelasi a =
2.052+0.0036V.
Jd yang digunakan adalah Jd 634,42 m
Diketahui
:
V = 80 km /
jam
Jarak
Pandang Henti ( S ) = 106m
Jarak
Pandang Menyiap (M) = 634,42 m
L = 144,26 m
Untuk S < L, maka :
Untuk M > L, maka :
3. Menentukan tempat kedudukan titik –
titik ( stationing )
D2 =
240 m
Perhitungan
diagram superelevasi :
Ketentuan :
Ls =
26,66 m
en =
7 %
emaks =
10 %
Perhitungan
titik stationing pada tikungan P.1
sta
pI2 = Sta PI1 + d2 = 0 + 682,00 m
+ 246.00 m = 1+982,00 m
sta
TS2 = sta PI2 – Ts
= 1 + 982,00 m – 72,65 m
= 1 + 909,35 m
Sta
SC2 = sta TS2 + Ls
= 1 + 909,35 m + 26,66 m
= 1 + 936,01 m
Sta
CS2 = sta SC2 + Lc
= 1 + 936,01 m + 90,40 m
= 1 + 1026,41 m
Sta
ST2 = sta CS2 + Ls
= 1 + 1026,41 m + 26,66 m
= 1 + 1054,07 m
4.2.3
Perhitungan Tikungan P(3)
1.
Klasifikasi Medan :
Perbukitan
2.
Type kalan :
Kelas III ( jalan Penghubung )
3.
Lalu Lintas Harian Rata - rata ( LHR ) : > 3000
4.
Kecepatan Rencana :
80 km/jam
5.
Lebar daerah penguasaan Minimum :30 m
6.
Lebar Perkerasan :
2x3.50 m
7.
Lebar Bahu Jalan :
2,50m
8.
Lereng Melintang Perkerasan : 2 %
9.
Lereng Melintang bahu :
6 %
10.
Jenis Lapisan permukaan Jalan : Lapisan Macadam
11.
Miring Tikungan Maksimum (e) : 10 %
12.
Jari - jari Lengkung Minimum : 115 m
13.
Landai maksimum :
7 %
Tabel
4.13.a Standard Perencanaan Geometrik
Jalan Kelas I
Tabel 4.14.a Koefisien gesekan melintang pada tikungan
V( km/jam )
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
110
|
120
|
Fmaks
|
0,166
|
0,160
|
0,153
|
0,147
|
0,140
|
0,128
|
0,115
|
0,103
|
0,090
|
Sumber :
Buku Konstruksi jalan Raya ( Ir.Hamirhan Saodang MSCE.)
Rumus :
Direncanakan geometric untuk Daerah Pegunungan Rc = 300m
> Rmin = 157 m. Dengan Vr = 70 km/jam berdasarkan
(TPGJAK
1997, Tabel II.18), Rmin untuk FC = 1100 m > Rc, sehingga tikungan
jenis Full
Circle tidak dapat digunakan.
Sesuai dengan syarat 40
< Δ < 900, maka untuk tikungan I (11°29’25”) direncanakan S-C-S.
12.
Perhitungan
panjang lengkung spiral (Ls)
Dalam
perhitungan tikungan ini dicoba dengan menggunakan jari-jari lingkaran dengan
ukuran 300 m
g.
Berdasarkan
waktu tempuh maksimum (3 detik), untuk melintasi lengkung peralihan, maka
panjang lengkung :
h.
Berdasarkan
perubahan gaya sentrifugal dan pengaruh kemiringan :
Nilai e pada perhitungan diatas
digunakan nilai superelevasi maksimum(emaks)
untuk V-90 km/jam maka, C = 0,7
i.
Berdasarkan
kelandaian relative maksimum
Dimana re =
Tingkat pencapaian perubahan kelandaian melintang
jalan,
untuk Vr ≥ 70 km/jam, re max = 0,025 m/m/det.
13.
Perhitungan
bagian spiral
14.
Perhitungan
lengkung circle ( Lc )
Syarat untuk
lengkung S-C-S LC > 20 m
LC = 607,810
> 20 m .................... OK!!!
maka Tikungan
S-C-S dapat di pake
15.
Perhitungan panjang tikungan total
L tot = LC + 2. Ls < 2 Ts
L tot = 607,810 +2 x 26,66m < 2 x 546,30 m
L tot = 661,13 m <
1092,6 m
( memenuhi
syarat )
4.
Perhitungan pelebaran perkerasan pada
tikungan
k)
Untuk Perencanaan jalan kelas IIIa, digunakan kendaraan
rencana adalah kendaraan besar dengan ketentuan sebagai berikut :
·
Lebar
kendaraan rencana (b) : 2,6 m
·
Jarak
antar gandar (P) : 3,5 m
·
Tonjolan
depan kendaraan (A) : 1,2 m
l)
Jumlah
Lajur (n) : 2
m) Lebar Perkerasan pada bagian
lurus (Bn) : 2 × 3,50
n) jari-jari pada tengh lintasan (R) : 300 m
o) Kecepatan Rencana : 80
Km/jam
Ø
B
adalah lebar perkerasan yang ditempati satu kendaraan di tikungan pada lajur
sebelah dalam
Ø
Tambahan
lebar akibat kesukaran mengemudi di tikungan (Z)
Ø
Tambahan
lebar perkerasan di tikungan I (Δb)
Dimana Bn adalah lebar perkerasan
= 2 × 3,50 = 7,00 m
Untuk Bn = 7,00 à C = 0,78 m
Bt > Bn jadi perlu diadakan
pelebaran perkerasan
16.
Perhitungan
kebebasan samping pada tikungan I
Perhitungan
jarak pandang henti
Dimana :
VR = kecepatan rencana (km/jam)
T = waktu tanggap, ditetapkan 2,5 detik
g = percepatan gravitasi, ditetapkan 9,8
m/det2
f =
koefisien gesek memanjang perkerasan jalan aspal, ditetapkan 0,35-
0,55.
Jh =
Jarak Pandang Henti (m)
Jadi :
Jh yang digunakan adalah Jh min yaitu
106 m
Perhitungan Jarak Pandang Menyiap
Dimana :
t1 = waktu reaksi yang besarnya tergantung pada kecepatan
yang sesuai dengan persamaan
t1 = 2.12+0.026V.
t2 = waktu dimana kendaraan yanng menyiap berada pada lajur
kanan yang dapat ditentukan
dengan mempergunakankorelasi
t2 = 6.56+0.048V.
m = perbedaan kecepatan antara
kendaraan yang menyiap dan
yang disiap = 15km/jam.
a = percepatan rata-rata yang besarnya tergantung pada
kecepatan rata-rata
kendaraan yang menyiap yang dapat ditentukan dengan mempergunakan korelasi a =
2.052+0.0036V.
Jd yang digunakan adalah Jd 634,42 m
Diketahui
:
V = 80 km /
jam
Jarak
Pandang Henti ( S ) = 106m
Jarak
Pandang Menyiap (M) = 634,42 m
L = 144,26 m
Untuk S < L, maka :
Untuk M > L, maka :
5. Menentukan tempat kedudukan titik – titik
( stationing )
D2 = 564 m
Perhitungan
diagram superelevasi :
Ketentuan :
Ls =
26,66 m
en =
7 %
emaks =
10 %
Perhitungan
titik stationing pada tikungan P.1
sta
pI3 = Sta PI2 + d3 = 1+389,00 m + 564.00 m = 2 + 954.00 m
sta
TS3 = sta PI3 – Ts
= 1 + 982,00 m –
m
= 2 + 408,7 m
Sta
SC3 = sta TS3 + Ls
= 2 + 408,7 +
= 2 + 957,00 m
Sta
CS3 = sta SC3 + Lc
= 2 + 957,00 m + 607,810 m
= 2 + 1566,81 m
Sta
ST3 = sta CS3 + Ls
= 2 + 1566,81 m + 26,66 m
= 2 + 1595,47 m
Tabel
4.15 Perhitungan Tikungan Horizontal
Perhitungan
|
PI1
|
PI2
|
PI3
|
R
|
300
|
300
|
300
|
Ls
|
11,11 m
|
26,66 m
|
26,66 m
|
θs
|
1,061
|
2,547
|
2,547
|
Ys
|
0.068
|
0.068 m
|
0.068 m
|
Xs
|
11,11
|
26,66 m
|
26,66 m
|
P
|
0,017
|
0,098
|
0,098
|
K
|
5,52
|
13,32
|
13,32
|
Δc
|
9°22’27.09”
|
22°22’05”
|
121° 13’71”
|
Lc
|
37,94 m
|
90,40 m
|
607,810
m
|
Es
|
1,02 m
|
5,90 m
|
313,35 m
|
Ts
|
70,31 m
|
72,65 m
|
546,30 m
|
Syarat
Ltotal < 2Ts
|
|||
L total
|
60,16 m
|
144,26 m
|
601,13 m
|
2Ts
|
140,62 m
|
145,3 m
|
1092,3 m
|
Keterangan
|
Memenuhi syarat
|
Memenuhi syarat
|
Memenuhi syarat
|
4.3.
Perhitungan Alinyement Vertikal
1. Perhitungan PPV1
v Menentukan kelandaiaan jalan :
1.
Kelandaian
1 ( g1 )
Jarak
patok A ke PPV1 = 1200 m
Elevasi A =
80
Elevasi PPV1 =
75,5
%
2.
Kelandaian
2 ( g2 )
3.
Kelandaian 1 ( g1 )
Jarak
patok PPV1 ke PPV2 = 1400 m
Elevasi PPV1 =
74,5
Elevasi PPV2 =
157,5
v Perbedaan kelandaian A
A = g2 – g1
A = 8,3% – 0%
A = 8,3 %
= 8,3 %
v Gambar sesuai data :
PPV2
|
A
|
g1 = 0%
|
PPV1
|
g2 = 8,3 %
|
Gambar 4.8
perbedaan kelandaian di titik PPV1
Sta. PPV1 = 0
+ 1200 m
Elevasi
PPV1 = +
74,5
g1 = 0 %
g2 = 8,3 %
A = 3 %
Maka
didapat bentuk PPV1 adalah ”CEMBUNG”
v
Menentukan Panjang Lengkung Vertikal
(Lv)
a.
Berdasarkan jarak penyinaran lampu
kendaraan
Dimana S = jarak pandang menyiap = 463,39 m
untuk jarak henti (jh )
h1
= 1,05
h2
= 0,15
untuk jarak mendahului ( jd)
h1
= 1,05
h1
= 1,05
(SUMBER
: TPCGA BINA MARGA 1997 )
v
Menentukan Panjang Lengkung Vertikal
(Lv)
a.
Berdasarkan jarak pandang berada seluruh dalam daerah lengkung
(S<L).
Jarak
pandang henti : 87,19 m
S < L : 87,19 m < 158,239 m à memenuhi syarat
b.
Berdasarkan jarak pandang berada di luar dan didalam daerah
lengkung (S >L)
Jarak
Pandang Menyiap : 463,39 m
S > L : 463,39 m < 825,39 mà tidak memenuhi syarat
c.
Berdasarkan keluwesan bentuk
d.
Berdasarkan syarat drainase
v Menghitung
panjang penyimpangan dari titik potong kedua tangen atau pusat perpotongan
Vertikal (PPV) kelengkungan vertikal.
Di ambil Lv yang terpanjang = 415 m
Ev =
dimana :
Ev = Penyimpangan dari titik PPV ke lengkungan
vertikal
LV = Panjang lengkung vertikal (415 m)
A = Selisih Kelandaian (8,3%)
a.
Menentukan Elevasi Stationing
Elv. PPV1’ = Elv. PPV1 + Ev
= + 74,5 + (4,30)
= + 78,8 m
Sta. PPV1’ = Sta. A + 1200 m
= (0 + 000) + 1200 m
= 1 + 050 m
Elv. PLV1 = Elv. PPV1 + (g1 . ½
Lv)
= + 74,5 + (0,0 %. ½ . 415)
= + 68 + ( 207,5)
=
+ 255
Sta. PLV1 = Sta. PPV1 – ½ Lv
= ( 0 + 1200) – ½ . 415
= 0 + 992,5 m
Elv. PTV1 = Elv. PPV1 + ( g2 . ½
Lv)
= + 78,8 + (8,3 % . ½ 415)
= + 9 6,02
Sta. PTV1 = Sta. PPV1 + ½ . Lv
= (1 + 050) + ½ .755
= 1 + 209 m
2. Perhitungan PPV2
v Menentukan kelandaiaan jalan :
4.
Kelandaian
3 ( g3 )
5.
Kelandaian 1 ( g1 )
Jarak
patok PPV1 ke PPV2 = 1400 m
Elevasi PPV1 =
74,5
Elevasi PPV2 =
157,5
6.
Kelandaian
3 ( g3 )
Jarak
patok PPV2 ke PPV3 =
900,82 m
Duga
rencana pada PPV2 =
157,7 m
Duga
rencana pada PPV3 =
138,5 m
v Perbedaan kelandaian A
A = g3-g2
A = 8,3 % - (-2) %
A = +10,3%
= 10,3 %
v Gambar sesuai data :
g2 =8,3 %
|
g3 = -2%
|
PPV3
|
PPV2
|
B
|
Gambar 4.9 Perbedaan kelandaian di titik PPV2
Sta. PPV2 = 1
+ 1200 m
Elevasi
PPV2 = +
87
g2 = + 157.5 %
g3 = + -2 %
A = + 10,3 %
Maka
didapat bentuk PPV2 adalah ”CEKUNG”
v
Menentukan Panjang Lengkung Vertikal
(Lv)
a.
Berdasarkan jarak pandang berada seluruh dalam daerah lengkung
(S<L).
b.
Berdasarkan jarak penyinaran lampu
kendaraan
Dimana S = jarak pandang menyiap = 109 m
Untuk (S
> L)
Jd > L : 109 m < 169,31 m à Tidak memenuhi syarat
Untuk (S
< L)
Jd < L : 109 m <
m à memenuhi syarat
c.
Berdasarkan jarak pandang bebas dibawah
bangunan
Dimana S = jarak pandang henti = 634,42 m
Untuk (S
> L)
Jh > L : 634,42 < -
m à tidak memenuhi syarat
Untuk (S
< L)
Jd < L : 634,42 m <
m à memenuhi syarat
d.
Berdasarkan Bentuk Visual Lengkung
Vertikal Cekung
Jadi Panjang L yang digunakan adalah
1,191 m
v Menghitung
panjang penyimpangan dari titik potong kedua tangen atau pusat perpotongan
Vertikal (PPV) kelengkungan vertikal.
Ev =
dimana :
Ev = Penyimpangan dari titik PPV ke lengkungan
vertikal
LV = Panjang lengkung vertikal (775 m)
A = Selisih Kelandaian (10,3 %)
b.
Menentukan Elevasi Stationing
Elv. PPV2’ = Elv. PPV2 - Ev
= + 157.4 - (12,87)
= + 144,53 m
Sta. PPV2’ = Sta. PPV1 + 1400 m
= (1 + 1200) + 1400 m
= 1 + 800 m
Elv. PLV2 = Elv. PPV2 - (g2 . ½
Lv)
= + 157 - (8,3 %. ½ . 12,87
= + 157 - ( 0,53)
=
+ 156,47
Sta. PLV2 = Sta. PPV2 – ½ Lv
= ( 1 + 1400) – ½ . 12,87
= 1 + 1,339 m
Elv. PTV2 = Elv. PPV2 - (g3 . ½
Lv)
= + 157 - (10,3 %. ½ . 12,87) 28FDA903
= + 1,339 - (0,66 )
=
+ 1338,4
Sta. PTV2 = Sta. PPV2 + ½ Lv
= ( 1 + 1400) + ½ . 376,351
= 1 + 1588 m
Tabel
4.16 Perhitungan Lengkung Vertikal
Perhitungan
|
PPV1
|
PPV2
|
LV
|
415
|
1,191
|
EV
|
4,30
|
12,87
|
STA
|
1
+ 050
|
1
+ 1400
|
PLV
|
0
+ 992,5
|
1
+ 1,339
|
PTV
|
1
+ 209
|
1
+ 1588
|